Minggu, 25 Oktober 2009

kenapa STAIL tidak bisa maju (1) "Kalian salah Paham"

Masih pagi sekali ketika terjadi diskusi antara kami. semula hanya sekedar percakapan ringan antara aku dan teman-teman, biasa..... nunggu sarapan sambil ngobrol-ngobrol, ngalor-ngidul layaknya acara-acara "diskusi panel" yang biasa disiarkan oleh stasiun-stasiun televisi maupaun radio di negeri ini, cuma bedanya..acara dialog kami tidak di... biasa hari Ahad kan kita libur, jadi waktu senggang tersebut biasanya diisi dengan kerja bhakti bersihbersih kamar, cuci pakaian bagi yang sudah menumpuk bajunya dan sudah terlanjur direndam berhari-hari. akupun baru selesai cuci baju dan selesai menjemurnya ketika berlangsung acara itu (bahasamu kok kaku temen tho....)

awalnya sih aku cuman dengar mereka ngobrol saja tetapi tiba-tiba aku ikut-ikutan nimbrung setelah mendengar perkataan salah seorang diantara mereka yang berinisial "R" berkata suatu hal yang kurang enak kudengar. kalau tidak salah dia bilang begini :"pak zainal orangnya cerdas ya, mungkin STAIL akan maju kalau dia tinggal disini," (kebetulan, pada hari sabtu kita habis mendapat materi management event dari beliau) kurang lebih itu yang diucapkannya. (kalau salah tolong dikritik ya "R")

terang saja, mendengar ucapan itu aku langsung menyanggahnya, "belum tentu!!!" kataku. kemudian aku bilang bahwa dosen tersebut hanya berorientasi pada materi (sebagaimana informasi yang dapat dari kakak semester, dan menasehatiku agar berhati-hati), dan kuterangkan juga bahwa kurang berkembangnya STAIL (sebagaimana pandangan temanku tersebut) bukan hanya terletak pada SDM yang terdapat didalamnya, akan tetapi terdapat faktor lain yang belum banyak diketahui oleh para mahasiswa. kukatakan juga bahwa ketua STAIL tidak memiliki kebijakan penuh dalam menentukan keputusan bagi kampus tersebut (semoga dugaan ini salah) kasus gedung misalnya.... dan banyak lagi

akan tetapi sungguh mengherankan, ternyata tanggapan temanku jauh dari yang kuperkirakan. Dia malah membawakan rumus pendidikan, berkembangnya suatu sistem pendidikan tidak lepas dari 3 unsur penting. 1) SDM yang mumpuni. 2) Fasilitas. dan yang ke 3 entah aku lupa. dan perbincangan kami melebar jauh entah kemana, rupanya telah terjadi kesalahpahaman diantara kami berkenaan tentang topik yang kami bicarakan.

dia tetap bersikukuh bahwa kurang berkembangnya sekolah ini karena kurangnya dana yang ada. sedangKAN menurutku TIDAK....(bersambung)






kukatakan bahwa, sejak dulu STAIL memiliki SDM yang dapat diandalkan, akan tetapi

Tidak ada komentar: